Candra Bi Playmaker di Panduanmenulis.com, Majalahponsel.org, Ayoliburan.net, Ponseler.com, Neewslive.com dan seratus blog lainnya.

Segmen Baru & Honorarium Menulis Di Panduan Menulis

segmen baru

Segmen Baru โ€“ Sebetulnya blog Panduan Menulis tidak dibangun secara spesifik untuk mengulas dunia blogger. Panduan Menulis dibangun sebagai pustaka online yang memuat panduan-panduan kecil mengenai tata cara menulis.

Namun karena permintaan dari rekan-rekan blogger cukup banyak, baik via email maupun pesan WhatsApp, akhirnya saya memutuskan membuat segmen baru, yakni Blogger.

Segmen ini saya buat sebagai media berbagi dan belajar bersama seputar dunia blogger. Mulai dari panduan, tips, pendapat, analisa, eksperimen, bila perlu bingsus, alias bimbingan khusus.

Namun sedari awal saya perlu garisbawahi tebal-tebal, atau saya kasih Disclaimer, bahwa saya bukanlah profesional blogger. Saya hanya penulis amatiran yang kebetulan pernah dan masih ngeblog bareng teman-teman blogger Jakarta.

Saya masih perlu belajar banyak, masih perlu membaca banyak panduan. Jadi, bilamana ada ketidaktepatan, kesalahan informasi, penyelewengan, atau kesalahan panduan, mohon untuk ditegur agar dapat dilakukan perbaikan.

Nah, untuk memudahkan rekan-rekan dalam belajar, saya akan berusaha menyusun segmen ini secara sistematis. Artikel yang saya tulis akan lebih runtut, dari tingkat paling dasar, hingga ke tingkat yang cukup lumayan.

Jadi harap bersabar bila ada diantara rekan-rekan yang ingin meloncat ke level yang lebih tinggi. Saya hanya berusaha membagikan pengetahuan yang saya miliki secara sistematis. Tujuannya satu, agar semuanya kebagian ilmunya. So, sabar sedikit ya.

Bilamana rekan-rekan ada yang belum paham materi yang saya sampaikan di segmen ini, silahkan bertanya via kolom komentar atau via kontak yang tersedia.

Tak perlu malu-malu untuk bertanya, atau menyampaikan kritik. Panduan Menulis justru sangat membutuhkan hal itu. Mengingat blog ini usianya masih bocil, maka salah satu cara untuk mendewasakannya adalah melalui kritik dan saran.

Pertanyaan

  • Apa saja yang akan diulas di segmen Blogger?
  • Bisakah saya request artikel agar dibahas di segmen ini?
  • Bisakah saya ikut menulis di segmen ini?

Jawabannya, semua bisa. Apa sih yang nggak buat kamu. ๐Ÿ˜›

Sedikit kisi-kisi dari saya, beberapa topik yang akan dibahas di segmen ini antara lain:

  • Panduan memilih niche blog bagi pemula
  • Blogspot atau WordPress Self Host?
  • Cara membuat blog pribadi
  • Personal branding dari blog
  • Jadwal menulis blog
  • Menyusun blueprint blog
  • Mengatur skema menulis, posting dengan Trello
  • Seputar Adsense, cara daftar, merawat, ternak dan bisnisnya
  • Blog sebagai pustaka sastrawan digital
  • Sejumlah strategi menulis tanpa harus menulis
  • Sejumlah tools blogger
  • Sejumlah tools menulis
  • Sejumlah ladang artikel yang disiap dicomot [100% unik & human friendly]
  • dan masih banyak lagi.

Selain kisi-kisi di atas, Anda juga bisa request topik tertentu di segmen baru ini. Mengingat blog yang harus saya rawat sangatlah banyak, dan jasa tulis artikel yang saya terima juga cukup banyak, jadi harap maklum bila ada topik yang nantinya kelewatan.

Untuk request topik, silahkan kirim ke

  • email : admin@panduamenulis.com
  • subjek : "Request Topik : Judul Request"

Menulis dan Normanya

Kabar baiknya lagi, rekan-rekan juga bisa ikut menulis di segmen ini. Saya sangat senang bila ada yang berkenan membagikan ilmunya di PanduanMenulis.com.

Namanya bertamu ke rumah orang tetap harus mengikuti adat dan norma yang berlaku. Betul? Nah, agar tulisan rekan-rekan bisa diterbitkan di blog Panduan Menulis, berikut norma-norma yang harus diikuti:

  1. Wajib memberitahu ke tim PanduanMenulis.com sebelum mengirim tulisan. Hubungi via laman kontak
  2. Tulisan 100% original
  3. Panjang artikel minimal 800 kata
  4. Jika harus mencantumkan gambar, wajib menyertakan sumber
  5. Gaya tulisan bebas, namun tetap santun dan masih berada di koridor topik PanduanMenulis.com
  6. Tulisan yang sudah diterbitkan di blog PanduanMenulis.com tidak boleh diterbitkan di blog lain
  7. Tulisan tetap menjadi hak milik penulis
  8. Tulisan akan melalui tahap kurasi untuk dilakukan pembenahan typo dan optimasi struktur SEO
  9. Wajib memberitahukan nomor rekening / OVO untuk pengiriman โ€˜tanda terimakasih/honorariumโ€˜ dari PanduanMenulis.com
  10. Tulisan secepat-cepatnya akan diterbitkan 1 hari setelah tulisan masuk ke redaksi
  11. Bila dalam waktu 3 hari tulisan belum diterbitkan, maka statusnya ditolak. PanduanMenulis.com akan memberikan catatan sebab-sebab tulisan ditolak

Wow, ada honorariumnya juga ya?

Betul. Saya sangat mengharagi kerja keras rekan-rekan dalam menulis artikel. Sekalipun nanti ditolak, PanduanMenulis.com tetap akan memberikan honorarium sebagai pengganti keringatnya yang bercucuran.

Agar tidak terjadi penolakan, silahkan ikuti norma-norma di atas. Jika ada yang belum dipahami, silahkan hubungi Candra Bi via kontak yang tersedia.

So, itu saja informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga dengan adanya segmen baru ini bisa membuat rekan-rekan makin betah nongkrong santai di blog PanduanMenulis.com.

Terimakaish

Candra Bi Playmaker di Panduanmenulis.com, Majalahponsel.org, Ayoliburan.net, Ponseler.com, Neewslive.com dan seratus blog lainnya.

5 Replies to “Segmen Baru & Honorarium Menulis Di Panduan Menulis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *