Candra Bi Playmaker di Panduanmenulis.com, Majalahponsel.org, Ayoliburan.net, Ponseler.com, Neewslive.com dan seratus blog lainnya.

5 Tips Pemasaran Produk Perusahaan

promosi produk

Panduan Menulis – Tips pemasaran produk dalam sebuah perusahaan menjadi yang yang cukup penting, sebab sangat mempengaruhi penjualan suatu produk.

Kita tahu bahwa penjualan merupakan faktor penting agar roda perusahaan bisa terus berputar dan semakin kencang. Tanpa adanya penjualan yang stabil, tentu perusahaan akan mengalami penurunan profit, bahkan bisa sampai gulung tikar.

Meski pemasaran suatu produk bukan hal yang mudah, namun sesulit apapun itu tetap harus dilakukan. Setidaknya dengan memenuhi komponen-komponen pemasaran atau marketing serta memaksimalkan media digital yang kini makin diminati pasar.

Karenanya pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang tips pemasaran produk perusahaan agar efektif dan efisien.

Kenali Pelanggan Anda

Hal pertama dan utama dalam tips pemasaran ialah riset pasar (research market). Dengan melakukan riset pasar terlebih dulu, Anda akan lebih mudah membuat konsep pemasaran yang pas dan tertarget. Sehingga baik dari segi biaya maupun metode bisa disusun lebih rapi sejak awal.

Jalankan Promosi

Setelah melakukan atau memetakan pasar, langkah selanjutnya ialah melakukan kegiatan promosi. Anda pasti tahu, media untuk promosi kini semakin luas dan canggih. Bisa via media sosial, video, banner sampai jigle.

Semua bisa Anda eksplorasi dan coba agar hasilnya lebih maksimal. Namun perlu diingat bahwa kegiatan promosi juga harus menyesuaikan pasar yang telah menjadi target. Jangan sampai Anda asal-asalan dalam menjalankan promosi, nanti hasilnya bukan malah pecah telor, namun justru boncos.

Jika dalam tips pemasaran Anda tak begitu ahli, silahkan gunakan penyedia jasa promosi profesional. Bila Anda mau promosi via video, maka carilah jasa pembuatan video promosi. Pun bila Anda mau promosi menggunakan jingle, maka carilah jasa pembuatan jingle profesional agar produk Anda lebih dikenal masyarakat atau pasar.

Memilih Tempat Usaha Strategis

Pilihlah lokasi usaha yang strategis dan sesuai dengan hasil riset pasar yang Anda lakukan sebelumnya. Selain lokasinya strategis, pastikan lokasi usaha Anda mudah dijangkau oleh konsumen. Pemilihan lokasi usaha yang strategis dan tepat merupakan strategi pemasaran yang dapat menjaring cukup banyak pelanggan.

Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Pelanggan adalah aset yang cukup berharga bagi perusahaan. Oleh karena hal itu, berilah pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda. Jalinlah hubungan baik dengan konsumen dengan menanggapi saran atau keluhan mereka.

Jangan ragu untuk memberikan diskon ataupun hadiah kepada pelanggan setia Anda. Jika Anda melakukan hal tersebut, tak menutup kemungkin pelanggan akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain secara sukarela.

Memanfaatkan Internet Marketing

Manfaatkanlah teknologi yang sudah ada dengan sebaik mungkin. Sebab, pemanfaatan teknologi secara optimal dapat menekan pengeluaran perusahaan. Salah satu metode internet marketing yang dapat Anda terapkan adalah SEO (Search Engine Optimization) ataupun SMO (Social Media Optimization).

So, itulah 5 tips pemasaran produk agar bisnis Anda lebih laris manis dan makin berkembang. Semoga beruntung!

Candra Bi Playmaker di Panduanmenulis.com, Majalahponsel.org, Ayoliburan.net, Ponseler.com, Neewslive.com dan seratus blog lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *