Candra Bi Playmaker di Panduanmenulis.com, Majalahponsel.org, Ayoliburan.net, Ponseler.com, Neewslive.com dan seratus blog lainnya.

7 Niche Blog Paling Banyak Pengunjung [100% Terbukti]

niche blog paling banyak pengunjung

Panduan Menulis – Memilih niche blog paling banyak pengunjung tentu tujuan utamanya adalah untuk membuat lalu lintas website semakin padat. Dewasa ini, banyak sekali pilihan niche populer bagi para blogger.

Hal ini bisa jadi membuat pusing dalam menentukan tema. Namun, di antara sekian panjang daftar, ada tujuh niche paling menonjol.

7 Niche Paling Banyak Pengunjung

Secara garis besar, ada tujuh niche yang memiliki popularitas stabil di kalangan warganet yang menjadi target pengunjung. Bukan sekadar tema yang sepintas lalu atau musiman, tetapi terus diminati dan topik pembahasannya semakin meluas sehingga loyalitas pengunjung juga bisa didapatkan dari situ. Apa saja ketujuh niche populer tersebut?

1. Teknologi

Perkembangan teknologi di seluruh penjuru dunia semakin pesat. Hal itu juga berdampak pada keingintahuan masyarakat yang semakin tinggi. Sehingga, niche teknologi pun menjadi salah satu tema paling populer. Dinamisnya teknologi membuat informasi demi informasi terbaru terus diburu dan dibutuhkan. Sehingga peminatnya tidak bersifat sesaat saja.

2. Kesehatan

Selanjutnya, niche blog paling banyak pengunjung adalah kesehatan. Bukan karena saat ini dunia sedang menghadapi Covid-19. Namun, niche ini memang secara general selalu dibutuhkan.

Pembahasan-pembahasan terkait patologi (penyakit) berikut informasi lengkap gejala, obat alami & kimiawi, serta terapinya banyak dicari.

3. Kecantikan

Kaum hawa sangat menyukai niche ini. Segala sesuatu tentang kecantikan menjadi hal yang menarik bagi mereka. Terlebih perkembangan bidang ini juga tergolong pesat. Niche kecantikan sendiri meliputi perawatan secara alami dan modern. Tips, ulasan produk, pantangan dan sejenisnya dapat diulas secara mendalam terkait niche yang satu ini.

4. Wisata

Informasi berbagai destinasi wisata menarik dari dalam maupun luar negeri, tips bepergian, informasi biro perjalanan, promo tiket murah dan lain-lain termasuk dalam niche ini. Apalagi kalau topik dibahas berdasarkan pengalaman pribadi, lengkap dengan foto-foto yang cantik. Informasi wisata selalu menarik perhatian, terutama di masa-masa puncak liburan.

5. Kuliner

Selain wisata, tentu saja niche blog paling banyak pengunjung tidak lain adalah kuliner. Menu-menu lezat dan unik, informasi gizi, tempat-tempat berburu penganan enak tidak lepas dari pembahasan untuk niche ini. Warganet yang berminat terkait niche kuliner tidak terbatas pada usia atau gender tertentu saja, secara general mereka menyukainya.

6. Hiburan

Niche populer lainnya adalah hiburan. Terkait selebriti lokal maupun mancanegara, film, drama, musik, banyak lagi yang dapat digali dari tema yang satu ini. Dunia hiburan sendiri sangat progresif. Selalu ada topik-topik terbaru yang bisa diangkat. Meskipun begitu, usahakan untuk selalu menghadirkan informasi dari sudut pandang yang unik.

7. Ikan

Peminat dari niche ini sekilas tampak terbatas, namun realitanya sangat banyak. Banyak sekali pembahasan yang bisa digali dari niche ini. Aquapedia.id merupakan salah satu bukti bahwa tidak hanya menarik, namun dunia satwa air ini juga sangat beragam. Apalagi jika mengulas hal-hal yang belum banyak diketahui serta tips dan tutorial.

Apakah Pemilihan Niche Populer Otomatis Meningkatkan Trafik?

Apakah dengan memilih salah satu dari tujuh niche terpopuler di atas, otomatis akan membuat traffic blog melesat? Belum tentu, karena sebagai tema-tema yang memiliki peminat tinggi, otomatis juga banyak blogger yang memilihnya. Ketika sebuah niche diulas oleh banyak blogger berbeda, maka yang terjadi :

  • Persaingan mendapatkan pengunjung yang semakin sulit karena banyak yang mengangkat tema serupa.
  • Mempertahankan loyalitas pengunjung blog agar tidak menjadi visitor sesaat saja, melainkan secara rutin melakukan blogwalking lebih susah.

Tentu sebagai seorang blogger, memiliki lalu lintas pengunjung yang padat dan loyal merupakan suatu pencapaian yang ingin diraih. Sebab itu, memilih niche asal populer saja tidak akan serta merta membuat blog mengalami peningkatan traffic, apalagi membuat pengunjung setia untuk terus kembali.

Tips Meningkatkan Pengunjung Blog

Lantas, apakah berarti niche blog paling banyak pengunjung alias populer sebenarnya tidak terlalu efektif?

Tidak juga, karena jika mengetahui trik sederhana tapi jitu terkait niche populer tersebut, dijamin lalu lintas blog akan padat merayap.

Seperti apa tips meningkatkan pengunjung blog?

1. Buat Konten Sesuai Niche dengan Pembahasan Lebih Spesifik

Kalau sudah memilih niche tinggi peminat tapi hanya menyajikan informasi ala kadarnya, tidak akan berdampak besar pada lalu lintas pengunjung.

Ulasan dasar bisa didapati dengan mudah di blog gado-gado sehingga tidak meninggalkan kesan pada pengunjung. Mereka akan datang sekali namun enggan untuk kembali yang membuat traffic dapat merosot drastis.

Sebab itu, penting menghadirkan ulasan yang spesifik terkait niche yang dipilih. Memberikan informasi yang akurat, jarang diketahui, namun bisa dipertanggungjawabkan merupakan nilai tambah di mata pengunjung. Berikan informasi terbaru dengan pembahasan yang mendalam sehingga visitor selalu mendapatkan pengalaman baru dari situ.

2. Gunakan Bahasa Sederhana dan Mudah Dipahami

Niche populer menjadi kurang efektif jika disajikan dengan tata bahasa yang sulit dimengerti. Contohnya ketika menyajikan pembahasan tentang kesehatan tetapi 80% menggunakan bahasa medis yang asing bagi orang awam. Tidak masalah menyisipkan istilah-istilah khusus, namun harus disertai dengan pengertian dan persentasenya juga tidak boleh mendominasi.

3. Menyesuaikan Niche dengan Hot Topic Sosial Media

Memilih niche blog paling banyak pengunjung juga harus pandai mengkolaborasikan dengan trending topic di sosial media.

Contohnya, ketika niche hiburan yang dipilih dan di sosial media sedang tren drama korea, maka korelasikan hal tersebut pada konten yang hendak diunggah. Hal ini dapat meningkatkan pengunjung blog 50 – 60%.

Sebab, warganet cenderung menggali informasi sebanyak mungkin terkait suatu topik yang sedang ramai diperbincangkan di sosial media.

Mereka akan menggunakan internet sebagai media penelusuran utama, di mana blog akan menjadi salah satu sumbernya. Jadi, tetap mengikuti hot topic di jejaring sosial juga tidak kalah penting.

4. Mempertahankan Konsistensi

Blog bukan hanya soal pemilihan niche, tetapi juga perkara konsistensi. Ketika sudah memutuskan untuk terjun sebagai blogger, setelah memilih niche, maka konsistensi pengelolaan juga wajib dipertahankan.

Warganet menyukai sebuah situs dengan jadwal pengunggahan yang jelas sehingga mereka tidak kecewa akibat halaman yang belum diperbarui ketika blogwalking.

5. Memiliki Pembagian Kategori yang Jelas

Sebuah niche dapat memberikan variasi sub topik yang luas. Supaya pengunjung lebih betah dalam menelusuri blog, maka pembagian kategori sub topik diperlukan.

Contohnya untuk niche ikan, bisa dilakukan pembagian ‘Ikan Hias’, ‘Ikan Predator’, ‘Tips dan Tutorial’ sebagaimana dilakukan dengan baik oleh Aquapedia.id.

Intinya, memilih niche blog paling banyak pengunjung memang penting namun tidak menjadi satu-satunya yang dapat menjamin traffic melesat.

Dibutuhkan juga konsistensi, penguasaan topik, penyesuaian tren dan beberapa detail dukungan lain. Kombinasi niche dan poin-poin tersebut tidak hanya memadatkan pengunjung tetapi mempertahankan loyalitasnya.

Candra Bi Playmaker di Panduanmenulis.com, Majalahponsel.org, Ayoliburan.net, Ponseler.com, Neewslive.com dan seratus blog lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *